Tuesday, January 26, 2016

8 Fungsi, Macam dan Jenis Alat Kontrasepsi


Advertisement
Jenis Alat Kontrasepsi - Memang beberapa waktu yang lalu kita telah di ramaikan dengan slogan KB atau merupakan singkatan dari Keluarga Berencana yang mempunyai slogan yakni Keluarga Bahagia Cukup Dengan 2 Anak. Hal ini memang di canangkan oleh pihak pemerintah yang tentu saja di asumsikan untuk masyarakat Indonesia.

Hal ini juga di picu karena taraf hidup perekonomian di Indonesia memang sangat jauh dari yang di harapkan. Oleh karena itu saat ini banyak keluarga Indonesia yang ikut dengan program KB yang tentunya ikut mencanangkan program 2 anak cukup seperti yang telah di upayakan oleh pihak pemerintah.

Sebenarnya Pengertian Keluarga Berencana atau KB merupakan sebuah gerakan di mana membentuk sebuah keluarga sehat dan sejahtera dengan syarat batasan kelahiran anak. Hal ini bisa di lakukan dengan alat kontrasepsi yang tentu saja akan sangat membantu dalam menjalankan program KB ini saat sedang berhubungan antara suami dan istri.

Program KB ini sebenarnya di canangkan pada akhir tahun 70-an yang sampai saat ini masih berlaku. Sampai saat artikel ini di tulis, pihak pemerintah selalu memberikan pengarahan atau penyuluhan pada masyarakat tentang program KB dan jenis alat kontrasepsi atau macam alat kontrasepsi yang sesuai dengan mereka, tentu saja pihak pemerintah tidak lupa untuk memberitahukan fungsi alat kontrasepsi yang sesungguhnya.

Apa itu alat kontrasepsi? Alat kontrasepsi adalah sebuah alat yang bertujuan untuk tidak terjadi pembuahan saat berhubungan intim dan tentu saja tidak akan terjadi kehamilan. Fungsi alat kontrasepsi ini adalah mengendalikan perumbuhan jumlah penduduk, anda tinggal memilih macam alat kontrasepsi atau jenis alat kontrasepsi.

Oleh karena itu berkonten.com akan membahas tentang fungsi alat kontrasepsi, macam alat kontrasepsi dan jenis alat kontrasepsi yang tentu saja akan memberi pengetahuan bagi anda tentang alat kontrasepsi. Berikut ini adalah kumpulan atau daftar alat kontrasepsi pria dan alat kontrasepsi wanita yang paling populer di Indonesia.

Macam-Macam Jenis Alat Kontrasepsi Terpopuler Saat Ini

  1. Pil KB
Jenis Alat Kontrasepsi
Alat kontrasepsi wanita yang pertama adalah pil KB yang tentu saja sudah sangat populer di kalangan wanita. Manfaat pil KB adalah membuat menstruasi menjadi sangat teratur, mengurangi rasa sakit dan kram saat menstruasi. Tentu saja saat anda tidak menggunakan atau menghentikan pemakaian Pil KB ini, kesuburan anda akan kembali pulih.

Pada pil KB ada yang di dalamnya terdapat kandungan hormon progesteron dan ada juga yang di kombinasikan antara estrogen dengan progesteron. Alat kontrasepsi untuk wanita ini harus di minum secara rutin agar tidak mengalami kemungkinan hamil, jika tidak secara teratur maka akan membuat kemungkinan kehamilan akan tetap terjadi.
  1. Suntik KB
Macam Alat Kontrasepsi
Alat kontrasepsi untuk wanita yang berikutnya adalah Suntik KB yang tentu saja akan di lakukan oleh para wanita yang mengikuti program KB setiap 3 bulan. Hal ini di lakukan untuk mencegah ovulasi atau pelepasan sel telur. Akan tetapi dengan anda melakukan Suntik KB secara sering akan menyebabkan kehamilan akan terhambat tanpa melakukan hal yang lainnya.

Kelebihan dari alat kontrasepsi wanita yang satu ini adalah Suntik KB ini merupakan salah satu alat kontrasepsi yang sangat murah dan banyak di gunakan oleh masyarakat Indonesia. Akan tetapi menurut penelitian yang ada, sebuah uji coba di lakukan pada hewan dan mempunyai hasil bahwa Suntik KB bisa meningkatkan resiko kanker.
  1. IUD/Spiral
Alat Kontrasepsi Wanita
Ada lagi alat kontrasepsi untuk wanita yang saat ini sedang menjadi tren atau sangat populer yakni IUD/Spiral. IUD merupakan singkatan dari Intra Uterine Device yang juga biasa di sebut dengan spiral, hal ini di karenakan bentuk dari alat kontrasepsi IUD/Spiral ini yang spiral. Cara pemakaian dari IUD/Spiral ini adalah dengan memasukkan alat kontrasepsi wanita tersebut ke dalam rahim.

Salah satu alat kotrasepsi yang banyak di pakai karena kenyamanannya, akan tetapi untuk pemasangan alat kontrasepsi wanita ini harus dengan bantuan dokter dengan alat tertentu. Jadi IUD/Spiral ini akan mencegah sperma bersarang dan bersatu dengan sel telur di dalam rahim. Untuk ketahanannya yakni selama 2 sampai dengan 5 tahun yang tentu saja bisa di buka kembali jika anda ingin hamil.
  1. Kondom
Alat Kontrasepsi Pria
Jenis alat kontrasepsi untuk pria yang ini memang salah satu alat kontrasepsi yang sudah sangat melegenda di Indonesia. Alat kontrasepsi pria yakni Kondom ini bisa mencegah kehamilan dengan cara menutui bagian alat kelamin pria agar sperma yang keluar tidak bersatu dengan sel telur yang ada di dalam rahim wanita. Bentuk dari kondom ini yakni karet lateks yang sangat tipis dan terkadang terdapat bintik-bintik yang tentu saja akan memberi sebuah kesenangan.

Dengan alat kontrasepsi pria yang satu ini tentu saja kehamilan akan terhindarkan dengan cara yang sangat sederhana. Bahkan penyakit menular saat berhubungan seperti AIDS dan HIV akan terhindar dengan alat kontrasepsi pria Kondom ini. Kondom memang mempunyai manfaat yang sangat baik dan merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi terpopuler di Indonesia.
  1. Norplant Atau Susuk
Jenis alat kontrasepsi yang berikutnya adalah Norplant yang bisa juga di sebut sebagai implant. Jenis alat kontrasepsi macam seperti ini memang sebuah alat kontrasepsi yang di gunakan untuk jangka panjang yakni sekitar 5 tahunan. Macam alat kontrasepsi yang satu ini biasanya memang di pasang di bawah kulit persis dan juga banyak orang yang menggunakan Norplant atau susuk ini sebagai alat kontrasepsinya.

Biasanya didalam Norplant ini terdapat kapsul yang lentur dan kapsul tersebut seukuran korek api dan mempunyai bahan karet silastik. Dan ada juga kandungan progestin levonogestrel dalam Norplant ini yang memang biasanya kandungan tersebut bisa di temukan pada jenis alat kontrasepsi pil KB. Memang jika tidak terbiasa dengan Norplant ini akan sangat terasa dan akan tampak seperti ada benjolan dalam tubuh si pemakai.
  1. Vagina Diafragma
Macam dan jenis alat kontrasepsi yang berikutnya adalah sebuah alat yang bernama Vagina Diafragma yang merupakan sebuah jenis alat kontrasepsi yang belum cukup populer di Indonesia. Sebenarnya alat kontrasepsi yang seperti apa sih Vagina Diafragma ini? Pengertian Vagina Diafragma adalah sebuah lingkaran cincin yang juga di lapisi karet yang fleksibel di gunakan untuk menutup rahim dan alat ini bisa di pasang pada liang vagina sebelum melakukannya.

Tentu saja hal ini merupakan sebuah atau sesuatu yang sangat baru bagi orang Indonesia, karena pada dasarnya banyak orang indonesia yang masih menggunakan kondom sebagai alat kontrasepsinya. Dan faktanya adalah Vagina Diafragma ini merupakan alat kontrasepsi dengan bahan yang lebih tebal jika di bandingkan dengan bahan yang di pakai pada kondom.
  1. Spermatisida
Macam dan jenis alat kontrasepsi yang berikutnya adalah sebuah alat dengan nama Spermatisida yang ternyata merupakan sebuah senyawa kimia yang bisa membuat lumpuh dan membunuh sperma. Beberapa bentuk dari jenis alat kontrasepsi Spermatisida ini misalkan saja seperti krim, tablet, aerosol, jeli dan juga busa. Bagaimanakah cara dan langkah pemakaian dari jenis alat kontrasepsi Spermatisida ini?

Cara menggunakan Spermatisida ini adalah dengan memasukkan alat Spermatisida ini ke dalam vagina 5-10 menit seusai berhubungan. Dan fakta yang lainnya, jangan gunakan jenis alat kontrasepsi Spermatisida ini dengan menggunakan tangan. Gunakan jenis alat kontrasepsi Spermatisida ini sesuai dengan aturan yang ada dalam kemasan agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Baca Juga :
  1. Cervical Cap
Macam dan jenis alat kontrasepsi yang berikutnya akan kita bahas adalah sebuah alat yang biasa di kenal dengan Cervical Cap dan juga mempunyai nama lain yang lebih keren yakni TheFemCap. Jenis alat kontrasepsi untuk yang satu ini mempunyai bentuk yang kecil dan lebih mirip dengan alat kontrasepsi diafragma.

Bagaimana metode dalam memakai alat kontrasepsi yang satu ini? Yakni dengan cara meletakkan Cervical Cap pada mulut rahim, dengan begitu akan menutup jalan sesuatu yang masuk dalam lubang rahim. Perlu di ketahui untuk memakai jenis alat kontrasepsi yang satu ini hanya di gunakan pada saat berhubungan saja.
Sekian artikel yang membahas tentang fungsi, macam dan jenis alat kontrasepsi yang semoga saja bisa menambah pengetahuan bagi anda. Banyak sekali artikel yang bermanfaat bagi anda di berkonten.com ini, jadi tetap menjadi pembaca setia blog yang merupakan media online terupdate dan terlengkap di Indonesia ini ya?

8 Fungsi, Macam dan Jenis Alat Kontrasepsi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bactiar Nur Yusuf