Wednesday, November 11, 2015

8 Tips dan Cara Merawat Kulit Bayi Agar Halus, Putih, Sehat dan Lembut


Advertisement
Cara Merawat Kulit Bayi – Sang buah hati memang menjadi salah satu yang paling penting di antara yang paling penting, hal ini di karenakan bayi merupakan buah cinta yang di hadirkan dari sang ayah dan ibu. Banyak sang ibu yang mengupayakan segala sesuatu yang berhubungan dengan sang buah hati berjalan dengan sangat baik.

Tentunya sudah menjadi sebuah kewajiban bagi sang orang tua untuk merawat dan menjaga si buah hati. Mereka juga wajib agar sang bayi terhindar dari segala bahaya dan juga penyakit, salah satunya adalah penyakit kulit yang sangat kerap menghampiri sang bayi. Biasanya sebagian besar penyakit kulit yang timbul pada kulit bayi di karenakan biang keringat.

Dengan timbulnya biang keringat tersebut akan membuat bentol para kulit bayi dan warna kemerah-merahan pada kulit bayi. Ternyata kulit juga merupakan salah satu bagian tubuh yang berfungsi atau berperan penting untuk system pertahanan tubuh bayi. Banyak sekali cara merawat kulit bayi agar tetap halus, sehat, putih dan lembut.

Cara merawat kulit bayi sensitif

Memang benar adanya jika kesehatan kulit bayi sangat rentan, hal ini di karenakan kulit bayi sangat sensitif. Nah tentu anda akan sangat bingung bukan jika sang bayi mengalami masalah pada kulitnya, setiap bayi di perlukan penanganan yang berbeda-beda. Nah, berikut ini berkonten.com akan mengajak anda untuk membahas tentang tips, trik dan cara merawat kulit bayi agar halus, sehat, putih dan lembut.

Penyebab Kulit Iritasi Pada Bayi Yang Berkulit Sensitif

Sebelum kita membahas tentang cara merawat kulit bayi agar halus, sehat, putih dan lembut, ada baiknya kita membahas tentang penyebab kulit iritasi pada bayi yang mempunyai kulit sensitif. Hal tersebut tentu saja akan memberikan kita pengetahuan yang lebih dalam mengenal bayi kita, sangat cocok bagi ibu-ibu muda dalam menangani kulit iritasi pada bayi.

Memang cara merawat kulit bayi tidak bisa di katakan sebagai hal yang mudah, terlebih lagi bagi para ibu mudah yang baru pertama kali mempunyai bayi. Pada tips cara merawat kulit bayi agar tetap halus yang satu ini kita juga akan membahas tentang apa saja sih hal yang menyebabkan kulit bayi menjadi iritas, ayo simak penyebab kulit bayi menjadi iritasi.
  1. Penyebab bayi mempunyai kulit yang iritasi adalah yang pertama memakai pakaian yang terlalu ketat sehingga hal tersebut akan membuat kulit tidak bagus dan ujung-ujungnya akan membuat iritasi pada kulit bayi.
  2. Penyebab kulit iritasi yang selanjutnya adalah jika bayi memakai pakaian yang terlalu tebal, hal ini akan membuat bayi mudah berkeringat tentu saja hal ini tidak baik untuk kesehatan kulit bayi.
  3. Penyebab yang berikutnya adalah banyaknya lipatan pada kulit yang saling bersentuhan satu sama lain, sehingga hal ini akan membuat kulit menjadi susah bernafas dan sangat tidak baik untuk kulit bayi.

Cara dan Tips Merawat Kulit Bayi Agar Halus, Putih, Sehat dan Lembut

  1. Langkah yang pertama adalah dengan memandikan bayi anda yang tentunya menggunakan air hangat.
  2. Dalam proses memandikan bayi anda, silahkan untuk menggunakan sabun dengan pH yang rendah yakni antara 4,5 sampai dengan 5.
  3. Apabila masih ada lapisan yang di namakan lapisan vermix caseosa di kulit bayi anda, maka janganlah anda menggosok kulit bayi anda, hal ini di karenakan lapisan tersebut mempunyai manfaat untuk melindungi kulit sensitive pada bayi.
  4. Bilas tubuh bayi anda dengan bersih dan pastikan tidak ada sisa sabun dan busa yang masih ada pada bayi anda.
  5. Tentu saja setelah anda memandikan bayi mungil anda, kini saatnya mengeringkan tubuh bayi anda dengan handuk yang halus dan lembut.
  6. Teknik dalam pengeringan tubuh bayi dengan menggunakan handuk yakni dengan cara menepuk tubuh bayi dan di harapkan untuk tidak menggosok tubuh bayi dengan menggunakan handuk, hal ini di karenakan tubuh bayi masih sangat sensitif dan sangat berpotensi untuk iritasi.
  7. Setelah tubuh bayi anda kering, kini saatnya anda member bedak pada bayi anda agar semakin harus saja. Akan tetapi lebih baik pada leher, kelamin dan juga ketiak paha untuk tidak di beri bedak, hal ini di karenakan apabila bedak tersebut bercampur dengan keringat akan menimbulkan penyakit kulit yang tidak bagus untuk kulit bayi.
  8. Kini saatnya sang bayi mengenakan pakaian, sekedar tips untuk merawat kulit bayi dalam pemakaian pakaian, sebaiknya gunakan pakaian pada bayi anda yang berbahan katun yang tentunya sangat lembut dan bisa menyerap keringat dan perlu di perhatikan juga untuk pakaian bayi juga harus longgar agar bayi bisa bergerak bebas.
Memang jenis dan macam dari kulit bayi itu sangat bervariasi, oleh karena itu kita sebagai orang tua harus pintar-pintar mengenali bayi kita lebih dalam lagi. Ada juga tips atau cara merawat kulit bayi yang sensitif pada bahasan cara merawat kulit babi ini. Berikut ini adalah cara merawat kulit bayi yang sensitif yang semoga saja dapat bermanfaat bagi bayi anda.

Cara Merawat Kulit Bayi Yang Sensitif (KHUSUS)

  1. Pakailah Body Lotion Bayi
Cara merawat kulit bayi sensitif yang pertama adalah dengan cara memberikan body lotion pada kulit bayi yang sensitif, hal inidi lakukan agar kulit bayi lebih lembab. Gunakan body lotion yang di khususkan untuk bayi, jangan sekali-kali memberikan body lotion yang di pakai oleh orang dewasa. Usahakan dalam memilih body lotion untuk bayi yakni yang di dalamnya tidak terdapat kandungan pewangi, pewarna dan bahan kimia yang berbahaya lainnya.
  1. Jangan Gunakan Sabun Anti Bakteri
Cara merawat kulit bayi sensitif agar tetap sehat dan lembut berikutnya adalah dengan cara jangan menggunakan sabun anti bakteri yang seperti pada umumnya, sabun anti bakteri bersifat keras, tentu saja hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan kulit bayi anda. Usahakan dalam memberikan sabun pada bayi yang tidak membuat kulit bayi menjadi iritasi, karena segala sesuatu yang berhubungan dengan bayi sangat di butuhkan perhatian dan bisa perlu konsultasikan kepada dokter.
  1. Jangan Memandikan Bayi Terlalu Sering
Tips merawat kulit bayi yang berikutnya adalah dengan cara jangan memandikan bayi secara sering terlebuh lagi jika di lakukan pada saat cuaca yang dingin. Tentu saja dengan kadar udara yang rendah membuat kulit bayi menjadi terlihat semakin kering. Pada umumnya memandikan bayi yang normal adalah 2 kali sehari dan tentu saja anda harus mengkondisikan cuaca pada saat memandikan bayi pada pagi dan sore hari.
  1. Baby Oil Untuk Mandi
Cara merawat kulit bayi yang berikutnya agar kulit bayi tersebut terlihat putih, mulus, lembut dan sehat adalah dengan cara memasukkan baby oil ke dalam air yang akan di gunakan untuk mandi sang buah hati. Tentu saja dengan campuran baby oil akan membuat kulit bayi tetap halus dan lembut yang tentu saja apabila di lakukan secara rutin akan membuat kulit bayi menjadi lebih putih dan sehat.

Baca Juga :
  1. Keringkan Kulit Bayi Setelah Mandi
Cara merawat kulit bayi yang selanjutnya adalah dengan cara mengeringkan kulit bayi apabila setelah mandi, perhatikan hal ini secara detail untuk bayi mulai dari kulit yang terlihat hingga lipatan-lipatan yang ada pada kulit bayi juga harus di bersihkan dan di keringkan. Hal ini di lakukan agar tidak mudah bagi bakteri untuk muncul pada kulit bayi dan hal ini pula yang menyebabkan masalah-masalah yang terjadi pada kulit bayi.
Sekian artikel yang membahas tentang cara merawat kulit bayi agar tetap sehat dan lembut yang tentu saja sangat baik jika tips merawat kulit bayi di atas untuk di praktikkan. Cara merawat kulit bayi di atas adalah hanya salah satu cara di antara banyaknya cara yang lain, mungkin pada kesempatan yang lain, berkonten.com akan mengajak anda untuk membahas tips dan cara merawat kulit bayi agar tetap sehat dengan bahasan yang lainnya yang lebih menarik.

8 Tips dan Cara Merawat Kulit Bayi Agar Halus, Putih, Sehat dan Lembut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bactiar Nur Yusuf