Wednesday, July 20, 2016

5 Tips dan Cara Membuat Cerpen Untuk Pemula


Advertisement
Cara Membuat Cerpen - Memang sebuah cerita akan tampil dengan apik bila di konsep dengan sangat baik dan terstruktur. Banyak orang yang membuat cerpen dengan teknik dan cara yang berbeda, tentu saja hal tersebut akan menjadi sebuah ciri khas dari cerita cerpen atau cerita pendek yang akan di sajikan oleh para pembaca.

Cara membuat cerpen atau cerita pendek tentu saja sangat unik dari setiap penulis, terlebih lagi apabila cerpen tersebut di buat tanpa memikirkan sebuah konsep yang jelas. Pada saat kita masih berada di bangku sekolah, entah itu SD, SMP atau SMA kita akan di hadapkan pada sebuah mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia yang tentu saja di dalamnya terdapat sebuah bahasan yakni cara membuat cerpen.

Tentu saja cara membuat cerpen itu bukanlah hal yang mudah, karena pada dasarnya mengarang adalah sebuah kelebihan yang sangat sulit untuk di pelajari akan tetapi jika kita mau belajar mengarang, pasti kita akan bisa membuat cerpen dengan baik walaupun kita bisa di katakan masih awam dan pemula dalam membuat sebuah cerpen.


Cara membuat cerpen yang terstruktur dengan baik akan membuat para pembaca merasa tertarik untuk mengikuti alur cerita yang ada dalam cerita yang ada dalam cerpen tersebut. Bagaimana cara membuat sebuah emosi dan konflik yang ada dalam cerpen tersebut, tentu harus mendapatkan perhatian lebih, hal ini di karenakan lewat itulah para pembaca penasaran untuk selalu membaca cerpen yang anda buat.

Karena banyaknya orang yang membutuhkan referensi tentang cara membuat cerpen yang baik dan benar untuk pemula, berikut ini berkonten.com akan memberikan tips membuat cerpen yang semoga saja bisa bermanfaat untuk anda. Baik sebagai referensi untuk tugas sekolah atau untuk menulis cerpen yang baik dan terkonsep.

Tips dan Cara Membuat Cerpen Untuk Pemula

  1. Menentukan Tema Cerpen
Cara membuat cerpen yang pertama adalah dengan menentukan tema yang paling bagus untuk cerpen yang kita buat. Tips ini lebih mengarahkan anda untuk mencoba membuat tema cerpen yang anda sukai dan cenderung mudah, karena kita tergolong penulis cerpen pemula. Untuk langkah yang satu ini jangan langsung menuju sebuah tema yang sulit untuk di kerjakan.

Tema untuk cerpen sendiri adalah sebuah maksud atau tujuan yang terdapat dalam cerita tersebut sehingga membuat cerita pendek yang kita buat tersebut mempunyai tema yang fokus dan tidak amburadul. Sehingga tema tersebut bisa menjadi sebuah batasan cerita, agar alurnya tidak melebar ke dalam tema yang lainnya.

Beberapa hal yang harus di perhatikan dalam membuat tema adalah genre yang ada dalam cerpen anda itu apa, kemudian menceritakan tentang apa, deskripsikan juga tentang rentang waktu untuk cerpen anda tersebut. Kemudian tentukan juga lokasi untuk cerita yang ada dalam cerpen ada tersebut dan juga berikan detail tokoh atau cerita yang ada dalam cerpen buatan sendiri tersebut.
  1. Menentukan Tokoh Cerpen
Cara membuat cerpen yang berikutnya adalah dengan menentukan siapa saja tokoh yang ada dalam cerpen atau cerita pendek yang anda buat. Memang benar adanya jika membuat sebuah tokoh sangatlah sulit, akan tetapi jika komposisinya pas dengan alur dan temanya, hal ini akan membuat cerpen atau cerita pendek anda akan menarik untuk terus di ikuti.

Dalam menentukan tokoh cerpen tersebut, sebaiknya anda santai dan mencari benar-benar antara tokoh dan cerita ini harus pas, hal ini di karenakan tidak pasnya antara tokoh dan cerita ini akan membuat rasanya cerpen yang anda buat tidak menarik untuk di ikuti. Akan tetapi untuk pemula dengan membuat alur cerita yang mudah tentu saja menentukan tokoh cerpen juga mudah.

Dalam menentukan tokoh cerpen setidaknya anda harus bisa menentukan nama dari tokoh yang ada dalam cerpen tersebut, usia tokohnya berapa, agamanya apa, secara fisik anda juga harus mempunyai gambaran tentang tokoh yang anda buat dalam cerpen ini dan tokoh yang anda buat dalam cerpen tersebut seperti apa.
  1. Judul Untuk Cerpen Anda
Tips dan cara membuat cerpen yang berikutnya adalah dengan membuatkan judul atau menentukan judul untuk cerpen agar lebih cepat di kenal oleh para pembaca. Dan untuk judulnya sendiri anda bisa menggunakannya untuk menggambarkan kira-kira seperti apa jalan cerita yang akan anda buat dalam cerita pendek atau biasa kita sebut dengan cerpen tersebut.

Tentu saja jika dengan setiap orang bisa menerka cerita dari judul tersebut, kemungkinan cerpen di nilai akan lebih mudah untuk di cerna. Tentu saja dalam menentukan judul cerpen atau cerita pendek ini tidaklah mudah, bahkan banyak waktu yang harus kita sisihkan untuk membuat judul cerpen atau cerita pendek yang akan kita buat ini.

Nah, untuk tips membuat judul cerpen ini sebaiknya dalam menentukan judul cerpen atau cerita pendek, pilihkah sesuai dengan tema yang akan kita bahas dan bisa di sematkan ke dalam judul cepen tersebut. Ini juga merupakan sebuah cara membuat cerpen untuk pemula yang wajib untuk di pelajari secara seksama.
  1. Silahkan Berkhayal dan Berkreasi Untuk Cerita Cerpen Anda
Dalam hal cara membuat cerpen yang satu ini tentu saja sangat di butuhkan oleh seorang penulis, baik penulis cerpen atau penulis dengan genre yang lainnya. Berkhayal dan juga berkreasi merupakan tingkat di mana artikel anda yang ada di cerpen bisa menarik minat orang untuk membacanya atau tidak dan tentu saja hal ini akan sangat berpengaruh.

Berkhayal dan berkreasi merupakan sebuah senjata ampuh bagi kita sebagai teknik cara membuat cerpen untuk penulis cerpen untuk dapat mengembangkan cerita pendek atau cerpen kita. Karena biasanya cerpen yang sulit untuk di cerna akan tetapi masih mempunyai alur cerita yang bagus akan tampak lebih menarik jika di bandingkan dengan alur cerita yang mudah di tebak.

Dalam hal ini berkhayal seluas mungkin, karena tidak akan ada batasan dalam hal ini. Untuk dapat membuat jalan cerita dalam cerpen anda serasa lebih hidup akan lebih baik apabila anda mempunyai kelebihan dalam hal pengetahuan bahasa, akan tetapi jika anda kurang menguasai dalam hal pengetahuan bahasa, tenang saja masih banyak waktu untuk mempelajari cara membuat cerpen ini.

Baca Juga :
  1. Bagaimana Cara Membuat Cerpen Lebih Menarik?
Tentu saja untuk membuat cerpen anda menjadi sebuah bacaan yang menarik bagi pembaca bukanlah hal yang mudah. Dalam hal ini adalah perasaan peka kita sebagai orang yang menulisnya di uji, bagaimana cara membuat orang yang membaca cerpen kita tersebut menjadi terbawa dalam suasana yang anda tuliskan di cerita pendek atau cerpen tersebut.

Cara membuat cerpen yang satu ini sangat wajib untuk anda lakukan karena bagaimanapun jika kita bisa menjadi seorang penulis yang bisa membawa perasaan seseorang ke dalam suasana yang ada di cerpen tersebut, tentu hal tersebut akan di hargai mahal oleh para pembaca cerpen anda yang tentu saja akan menjadi sebuah nilai plus.

Misalkan saja jika dalam cerpen tersebut bercerita tentang cerita yang sedih, maka pembacanya ikut sedih dan jika dalam cerpen tersebut terkandung humor, cerpen anda bisa membuat orang tertawa. Tentunya hal tersebut merupakan sebuah hal yang sangat penting karena cara membuat cerpen itu tidak mudah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita harus belajar dengan benar.

Cara membuat cerpen memang di bilang tidak mudah, hal ini di karenakan banyak hal yang harus di pelajari dalam membuat cerpen. Pesan dari pembuat cerpen yang sudah ternama yakni membuat cerpen harus terus terang, lugas tegas, menggunakan bahasa yang mudah di mengerti dan tentu saja yang terakhir adalah cara membuat cerpen yang bagus adalah dengan membuat cerpen tersebut seolah-olah terdapat pesan di dalamnya. Mungkin itulah cara membuat cerpen yang bisa berkonten.com sampaikan untuk anda.

Sekian artikel yang membahas tentang cara membuat cerpen ini, semoga saja artikel yang membahas tentang cara membuat cerpen ini bisa membuka pencerahan bagi anda yang ingin membuat cerpen baik untuk tugas sekolah atau untuk awal dalam membuat cerpen yang profesional. Tetap menjadi pembaca berkonten.com untuk mendapatkan informasi terupdate tentang dunia cerpen.

5 Tips dan Cara Membuat Cerpen Untuk Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bactiar Nur Yusuf